Sabtu, 20 Oktober 2012

Mengenal JAVA

Apa itu Java???

Java adalah bahasa pemrograman yang berorientasi objek (OOP) dan dapat dijalankan pada berbagai platform sistem operasi. Perkembangan java tidak hanya terfokus pada satu sistem operasi saja, tetapi dikembangkan untuk berbagai sistem operasi dan bersifat open source.
Selain itu Java dikategorikan menjadi tiga edisi diantaranya :


  • J2SE (Java 2 Standard Edition) digunakan untuk pembuatan aplikasi-aplikasi desktop dan applet.
  • J2EE (Java 2 Enterprise Edition) digunakan untuk pembuatan aplikasi-aplikasi multi-tier berskala enterprise.
  • J2ME (Java 2 Micro Edition) digunakan untuk pembuatan aplikasi-aplikasi yang dapat dijalankan di lingkungan perangkat-perangkat mikro seperti  handphone dan PDA.

Selanjutnya terdapat dua komponen utama dari Deployment Environment diantaranya adalah :

  • JRE (Java Runtime Environment) merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan aplikasi yang dibangun menggunakan java. 
  • JDK (Java Development Kit) merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan proses kompilasi dari kode java menjadi bytecode yang dapat dimengerti dan dapat dijalankan oleh Java Runtime Environment.
kedua komponen tersebut wajib terinstall pada suatu komputer yang akan membuat program berbasis java. Selain itu terdapat sebagian fitur dalam java.

  • Java Virtual Machine (JVM), sebuah mesin yang bekerja dengan menyerupai aplikasi pada sebuah mesin nyata. JVM menyediakan spesifikasi hardware dan platform dimana kompilasi kode Java terjadi. Spesifikasi inilah yang membuat aplikasi Java terbebas dari platform manapun karena proses kompilasi diselesaikan oleh JVM. 
  • Garbage Collection, program Java melakukan garbage collection yang berarti program tidak perlu menghapus sendiri objek-objek yang tidak digunakan lagi. Fasilitas ini mengurangi beban pengelolaan memori oleh program dan mengurangi sumber kesalahan terbesar yang terdapat pada bahasa yang memungkinkan alokasi dinamis.
  • Code Security, terimplementasi pada java melalui penggunaan Java Runtime Environment (JRE). Java menggunakan model pengamanan tiga lapis untuk melindungi sistem dari Untrusted Java Code.

Itulah sedikit penjelasan mengenai JAVA mohon maaf apabila ada kesalahan karena penulis masih dalam proses belajar, terimakasih...